PSSI Tak Ingin Buru-buru Naturalisasi Sandy Walsh

PSSI Tak Ingin Buru-buru Naturalisasi Sandy Walsh

PSSI Tak Ingin Buru-buru Naturalisasi Sandy Walsh

Nama Sandy Walsh sempat ramai dibicarakan. Pasalnya pemain berusia 22 tahun itu siap dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Walsh lahir di Belgia dari ayah kelahiran Inggris keturunan Irlandia. Sementara ibunya berdarah Indonesia. Di tengah gelora untuk mendapatkan satu pemain asing tersebut, pihak PSSI akhirnya mulai berhati-hati. Sebelumnya otoritas tertinggi sepak bola di tanah air itu begitu bersemangat ingin mengikat pemain tersebut. PSSI Tak Ingin Buru-buru Naturalisasi Sandy Walsh.

Seperti dilansir dari Bolalob.com (13/10/2017) PSSI mulai lebih hati-hati dengan proses tersebut agar tidak mendatangkan masalah saat pemain tersebut sudah berseragam tim nasional Indonesia. Seperti dikatakan Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, pihak PSSI perlu memastikan apakah pemain tersebut bisa terlibat di turnamen yang tidak masuk dalam FIFA matchday seperti Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018.

“Sampai saat ini kami sudah berkomunikasi dengan pihak Sandy Walsh. Jangan sampai nanti setelah dinaturalisasi dia tidak bisa bermain. Kami akan menyelesaikan perihal ini dalam satu atau dua pekan ke depan,” beber Jokdri, sapaan Joko Driyono.

Pemain tersebut dinaturalisasi agar bisa memperkuat timnas U-23 di Asian Games tahun depan di tanah air. Pengalaman tampil di kompetisi Eropa diharapkan bisa menambah kedalaman skuad Garuda. Hingga kini pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu memperkuat klub Liga Belgia, Zulte Waregem.

Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla sangat merekomendasikan pemain tersebut untuk berseragam Merah Putih. Menurut Jokdri pelatih asal Spanyol itu sudah melihat sejauh mana kemampuan Walsh. Sekalipun talenta Indonesia tak kalah bagus dan memadai, Milla tetap menerima dengan tangan terbuka kehadiran pemain tersebut.

”Kami sudah komunikasi dengan Luis Milla dan ia sangat merekomendasikannya,” lanjut Jokdri.

Hingga kini PSSI masih terus mencari tahu kepastian tersebut sebelum mengajukan proses naturalisaasi ke pemerintah. Bila segala proses berjalan lancar maka harapan melihat Walsh berseragam timnas Indonesia bakal terwujud.

Sebelumnya pihak PSSI sudah melakukan pembicaraan dengan manajer Walsh. Tidak ada kendala berarti yang dihadapi dalam pembicaraan tersebut. Termasuk sang pemain sendiri tidak keberatan menjadi warga negara Indonesia. Bila Walsh dipastikan bisa tampil di Asian Games dan Piala AFF tahun depan maka langkah naturalisasi bakal semakik cepat.

”Kami sedang dalam pembicaraan dengan Sandy Walsh dan manajernya. Keinginan untuk naturalisasi dia itu benar, tetapi kami sudah memiliki road map atas proses ini dengan target tampil di Asian Games 2018,” pungkas Jokdri.