Pensiun Setelah Gagal ke Piala Dunia 2018, Ini Kiprah Robben dalam Angka

Pensiun Setelah Gagal ke Piala Dunia 2018, Ini Kiprah Robben dalam Angka

Pensiun Setelah Gagal ke Piala Dunia 2018, Ini Kiprah Robben dalam Angka

Arjen Robben adalah satu dari sejumlah pemain bintang yang meratapi kegagalan tampil di Piala Dunia 2018. Ia gagal membantu Belanda lolos ke Rusia tahun depan setelah mengakhiri babak kualifikasi di peringkat ketiga.

Der Oranje berada di belakang Swedia dan pemuncak klasemen Grup A, Prancis. Jarak Antara ketiga tim tersebut terpaut tipis, bahkan sangat tipis. Prancis menjadi penguasa grup dengan tabungan 23 poin dari 10 pertandingan. Sementara Swedia dan Belanda sama-sama mengemas 19 poin. Namun Belanda kalah selisih gol sekalipun di laga pamungkas mampu mengalahkan Swedia.

Kegagalan tersebut membuat Robben mengambil keputusan penting dalam kariernya. Gol yang diborong ke gawang Swedia di pertandingan tersebut sekaligus menjadi persembahan terakhir bagi timnas Belanda. Setelah itu ia pun memutuskan gantung sepatu.

Sementara itu Swedia yang menjadi runner up grup memiliki peluang menyusul Prancis ke Rusia tahun depan. Namun syarat penting yang harus dipenuhi adalah meraih kemenangan di dua laga hidup mati. Tidak tanggung-tanggung lawan yang akan dihadapi adalah langganan Piala Dunia, Italia.

Terlepas dari nasib Swedia, Robben selama beseragam timnas Belanda telah menorehkan rekam jejak yang panjang. Pemain yang kini fokus membela Bayern Muenchen di Bundesliga Jerman itu di antaranya menjadi salah satu pemain tersubur sekaligus pengemas caps terbanyak bersama timnas Belanda.

Berikut jejak karier Robben bersama timnas Belanda dalam angka seperti dilansir dari OptaJoe.

37 gol
Robben menjadi salah satu pemain tersubur di timnas Belanda. Sepanjang kariernya ia telah mencetak 37 gol. Jumlah gol tersebut menempatkan Robben di posisi empat topskor timnas Belanda sepanjang sejarah. Jumlah gol tersebut sama seperti Dennis Bergkamp. Namun jumlah gol Robben masih kalah dari Robin van Persie (50), Klaas Jan Huntelaar (42) dan Patrick Kluivert (40).

96 caps
Sejak melakoni debut pada 30 April 2003 melawan Portugal, Robben hanya tampil di 51 persen dari semua laga internasional Belanda (96 caps dari 187 laga).

29 assist
Robben hanya membukukan 29 assist di timnas Belanda. Dia hanya kalah dari Wesley Sneijder yang menorehkan 33 assist dari 132 pertandingan.

112 menit
Robben mencetak gol atau assist untuk Belanda rata-rata setiap 112 menit (37 gol dan 29 assist).

26 Negara
Robben tercatat sudah menjebol gawang 26 negara berbeda. Robben hanya kalah dari Van Persie (30 negara) dan Jan Huntelaar (27).

6 Gol Piala Dunia
Meskipun menjadi penonton Piala Dunia tahun depan, Robben bukan tidak pernah berlaga di pesta sepak bola empat tahunan itu . Pemain berkepala plontos ini malah sudah mencetak enam gol di ajang Piala Dunia. Torehan golnya sama seperti beberapa pemain Belanda lainnya seperti Denis Bergkamp, Rob Rensenbrink, Robin Van Persie dan Wesley Sneijder.

47 Dilanggar
Robben pemain yang paling sering dilanggar di Piala Dunia sejak edisi Piala Dunia 2006. Tercatat 47 kali ia dilanggar oleh para pemain lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *