Para Bintang yang Menjadi Penonton Piala Dunia 2018

Para Bintang yang Menjadi Penonton Piala Dunia 2018

Para Bintang yang Menjadi Penonton Piala Dunia 2018

Babak kualifikasi Piala Dunia 2018 telah berakhir. Mayoritas kontestan pesta sepak bola terakbar sejagad itu pun telah diketahui. Selebihnya masih tersisa sejumlah slot yang akan diperebutkan oleh sejumlah negara melalui babak play-off.

Sepanjang babak kualifikasi terjadi sejumlah kejutan. Tim-tim unggulan yang dihuni para pemain bintang tersisih. Mereka pun harus menjadi penonton saat event empat tahunan itu digelar tahun depan di Rusia.

Dari benua Eropa kegagalan Belanda lolos ke putaran final menjadi sebuah kejutan tersendiri. Pasalnya Der Oranje memiliki skuad mumpuni, dihuni sejumlah pemain senior dan berpengalaman. Sebut saja Arjen Robben yang saat ini masih menjadi andalan klub Bundesliga Jerman, Bayern Muenchen.

Sayang Belanda gagal menampilkan permainan terbaik sepanjang penyisihan Grup A berlangsung. Di grup ini tiket lolos otomatis akhirnya menjadi milik Prancis. Selain juara Piala Dunia 1998 yang lolos sebagai juara grup masih ada satu satu peluang dari grup tersebut yang saat ini sedang diperjuangkan Timnas Swedia. Swedia akan menjalani babak play-off menghadapi tim kuat Italia.

Kegagalan Belanda ke putaran final membuat para pencinta sepak bola dunia pun harus kehilangan kesempatan untuk menyaksikan Arjen Robben dan kawan-kawan berlaga. Roben tidak hanya menjadi penonton, ia pun telah menyatakan menanggalkan seragam tim nasional.

Tidak hanya Robben, bintang Real Madrid, Gareth Bale pun bernasib serupa. Mantan pemain Tottenham Hotspur ini tidak bisa berbuat banyak meloloskan negaranya dari penyisihan Grup D. Bale yang sedang dalam kondisi tak bugar tidak bisa memberikan andil maksimal setidaknya mengakhiri babak kualifikasi di urutan kedua alias menjadi runner-up. Wales akhirnya harus puas menjadi penonton setelah mengakhiri kualifikasi di peringkat ketiga.

Selain Bale dan Robben, kita juga tak bisa melihat aksi Henrikh Mkhitaryan. Gelandang Manchester United ini tak bisa membantu Armenia lolos dari Grup E. Tim tersebut mengakhiri kualifikasi di peringkat kelima.

Dari zona Amerika Selatan tidak sedikit pemain bintang yang bernasib apes. Rekan setim Mkhitaryan, Antonio Valencia juga gagal berlaga di Piala Dunia karena Ekuador hanya bisa menempati peringkat kedelapan.

Nasib menyakitkan juga dialami Arturo Vidal dan Alexis Sanchez. Pemain kunci di Bayern Muenchen dan Arsenal ini tak kuasa menghindarkan timnya dari kekalahan di laga penentuan zona CONMEBOL menghadapi sang pemuncak klasemen, Brasil. Kekalahan telak tiga gol tanpa balas di laga pamungkas memupuskan harapan juara Copa America dan Copa America Centenario itu berlaga di Rusia tahun depan. Berbanding terbalik dengan Chile, Argentina akhirnya keluar dari masa krisis setelah meraih kemenangan di laga terakhir kontra Ekuador. Sebelumnya Tim Tango berada dalam tekanan karena terlempar dari lima besar klasemen sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *