Nasib Malang Timnas Belanda dan Keputusan Pensiun Arjen Robben

Timnas Belanda

Timnas Belanda Dan Keputusan Pensiun Arjen Robben

Timnas Belanda menjadi salah satu tim yang akhirnya harus menjadi penonton saat Piala Dunia 2018 dihelat. Der Oranje menuai hasil buruk di babak kualifikasi zona Eropa. Arjen Robben dan kawan-kawan hanya mampu finis di peringkat ketiga Grup A sekalipun meraih kemenangan dua gol tanpa balas di laga pamungkas kontra Swedia di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB.

Di laga penghabisan itu Belanda membutuhkan kemenangan minimal tujuh gol agar bisa merebut tiket play-off dari tangan Swedia. Namun Swedia ternyata masih terlalu tangguh untuk menjadi sarang gol bagi Belanda. Roben hanya bisa mencetak dua gol di laga itu.

Tambahan tiga gol membuat Belanda terkunci di peringkat ketiga. Tabungan 19 poin dalam 10 pertandingan yang dilakoni sama banyak dengan Swedia yang menempati peringkat kedua. Namun Swedia berhak ke babak playoff karena unggul dalam selisih gol. Sementara posisi puncak ditempati Prancis yang mengemas 23 poin.

Kekalahan ini pun berdampak pada karier Robben. Pemain yang pernah berseragam Chelsea dan Real Madrid itu akhirnya memutuskan mundur dari tim nasional Belanda yang telah dibelanya selama kurang lebih 14 tahun.

Seperti dilansir dari Bolalob.com (11/10/2017), keputusan pemain 33 tahun itu diambil tak lama setelah pertandingan pamungkas tersebut.  “Saya ingin sekali lagi menunjukkan semua hal yang bisa saya lakukan.”

Selama berseragam oranye, Robben telah menyumbang 37 gol dalam 96 pertandingan. Salah satu prestasi terbaiknya adalah membawa Belanda lolos ke final Piala Dunia 2010. Di laga pamungkas itu Belanda kalah dari sang juara Spanyol melalui gol emas Andres Iniesta di babak perpanjangan waktu.

Kekalahan menyakitkan juga dialami di Piala Dunia empat tahun kemudian. Lolos hingga babak semi final, Belanda pun takluk dari Argentina melalui drama adu penalti.

“Empat belas tahun, sungguh indah dan megah. Saya akan selalu mengingat Piala Dunia 2010 dan 2014. Itulah kenangan terbaik saya. Selama dua kompetisi tersebut, kami membentuk tim yang nyata,” sambung pemain yang melakoni debut timnas pada April 2003 silam.

Setelah pensiun Robben tentu akan lebih fokus pada kariernya di level klub. Saat ini ia masih menjadi andalan di lini depan raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen. Selain itu mundurnya dari tim nasional menjadi keputusan untuk memberikan tempat kepada para pemain muda.

“Saya ingin fokus bersama klub (Bayern Munchen) sekarang. Ini saat yang tepat untuk melakukan regenarisasi di timnas Belanda,” pungkas pemain berkepala plontos tersebut.